Posted by: hernowo | November 7, 2007

Megapolitan Solusi Macet Jakarta

Sumber : Detik.com detikcom: Suara PembacaSelasa, 30/10/2007 07:51

Megapolitan Solusi Macet Jakarta
Pengirim: Rama Wiseso

foto <!—->Kemacetan di Jakarta sangat parah. Apalagi musim hujan telah tiba. Hampir dipastikan menambah keparahan kemacetan yang ada. Pemkot DKI Jakarta sudah mengeluarkan solusi dengan menambah koridor busway (VII-X koridor).

Tetapi, sungguh sayang program ini tidak akan berjalan maksimal. 80% pengguna jalan di Jakarta adalah warga yang berasal dari luar Jakarta (Dekasi, Depok, Banten, Bogor).

Masyarakat yang berdomisili di Jakarta dapat diasumsikan bahwa mereka mayoritas adalah warga senior (pensiunan). Sedangkan kemacetan yang terjadi di Jakarta disebabkan oleh para warga pengguna jalan yang umumnya berdomisili di luar Jakarta tetapi bekerja di Jakarta.

Sudah saatnya bagi Pemkot DKI-DPRD dan Pemkot-DPRD lainnya (Bekasi, Depok, Banten, Bogor) membuat konsep bersama dan segera melaksanakan pembangunan secara berkesinambungan. Hal ini harus segera dilakukan karena mengingat jumlah kendaraan yang semakin bertambah dan diprediksikan mulai tahun 2014 Jakarta akan mengalami kemacetan terparah.

Sudah saatnya konsep ‘Megapolitan’ dilaksanakan karena tidak ada solusi lain untuk menyelesaikan masalah ini selain saling bekerja sama dan bergotong royong dilandasi dengan niat yang tulus, bersih, ikhlas semata-mata untuk menciptakan masa depan yang jauh lebih baik. Bapak-bapak pejabat Pemda dan DPRD mari kita mulai dari sekarang.

Rama Wiseso
Jl Anggrek Cendrawasih VIII a No 8 Jakarta
ramawiseso@yahoo.co.id
70479100
<!–Email: marina@staff.detik.com–>
(msh/msh)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: