Posted by: hernowo | August 14, 2007

Pilkada Jakarta Dinilai Berkualitas

Pilkada Jakarta Dinilai Berkualitas

Rabu, 08 Agustus 2007 | 21:18 WIB

>TEMPO Interaktif, Jakarta:
Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) menilai pemilihan kepala daerah DKI Jakarta berjalan baik dan berkualitas. “Tingkat partisipasi pemilih sudah tinggi,” kata Kordinator Nasional JPPR Jeirry Sumampouw kepada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (8/8).
Dari seratus relawan yang disebar ke seratus tempat pemungutan suara (TPS), JPPR menyimpulkan angka partisipasi warga mencapai 70 persen, sisanya bersikap untuk tidak memilih. Angka ini, menurut Jeirry, sudah sangat tinggi bila dibandingkan pemilihan yang dilakukan daerah lain, yang tingkat partisipasinya hanya sekitar 60 persen.
Menurutnya, hal ini mementahkan logika yang menyebut Jakarta akan tinggi angka golongan putihnya karena pemilihnya sudah kritis. “Di Jakarta, justru semakin kritis, semakin tinggi partisipasi warganya,” katanya.
Pelanggaran yang ditemukan pun tidak ada yang menonjol. “Tidak ada pelanggaran yang sampai membatalkan hasil pemilihan,” ujarnya. Pelanggaran yang ditemukan hanya bersifat administratif.
Pelanggaran itu antara lain seperti daftar pemilih yang tidak ditempel, tidak disediakannya bilik khusus penyandang cacat, dan ketidakpahaman petugas Panitia Pemungutan Suara bahwa pemantau, wartawan dan petugas khusus lain boleh mencoblos di tempat mereka bertugas. “Relawan kami ada yang tidak diizinkan mencoblos,” katanya.
Relawan JPPR juga menemukan ada dugaan praktek politik uang di TPS 10 Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Ada seseorang yang membagikan uang Rp. 200 ribu kepada sepuluh orang di sekitar TPS. Namun, Jeirry mengaku sulit membuktikan pelanggaran itu, karena tidak ada pelaku yang tertangkap tangan melakukan itu. Mustafa Silalahi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: